• Kontak Kami
  • Hotline : +62895335002881
  • SMS : +62895335002881
  • BBM : brahma27

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Ragam Bentuk Dapur Keris Jawa

Ragam Bentuk Dapur Keris Jawa

Diposting pada 11 February 2018 oleh brahma

Ragam Bentuk Dapur Keris Jawa

Keris jawa dibangun berdasarkan anatomi tubuh yang telah dipakemkan sejak zaman dahulu. Bangun tubuh keris dibagi dalam beberapa bagian yang tiap-tiap bagiannya memiliki bentuk dan kontribusi fungsi tersendiri walaupun tetap selalu menjadi suatu satu kesatuan bilah keris. Sebuah keris harus lengkap dengan selalu menjadi suatu kesatuan bilah keris. Sebuah keris harus lengkap dengan bagian anatomi tubuhnya. Bila ada yang kurang , maka tidak dapat disebut sebagai keris yang utuh. Masing-masing bagian anantomi tubuh bilah keris memiliki bagian yang lebih detail lagi sebagai unsur pendukung yang memperkaya keadaanya.

ragam dhapur keris jawa

Ragam dhapur keris jawa

Detail-detail bagian keris yang dapat diletakkan pada bagian tubuh keris disebut dengan ricikan. Anatomi tubuh bilah keris berfungsi sebagai wadah dasar untuk menyematkan unsur ricikan pada bagian tertentu pada bilah keris. Perbedaan ricikan yang dimiliki oleh bilah keris akan mempengaruhi penamaan dhapus-nya, karena dhapur keris memang tergantung pada ricikan yang dimiliki dalam tiap bagian anatomi tubuh bilah keris.

Secara garis besar, keris jawa dapat dibedakan dalam bentuk lurus dan berkelok. Perbedaan dua jenis bentuk keris tersebut memiliki konsekuensi penamaan bagian anatomi , yang berbeda pula . keris lurus memliki empa pembagian anatomi, yaitu pucukan sebagai bagian keris yang paling ujung, awak awakan bagian tengah tubuh, bangkekan sebagai bagian pinggang keris bila dipersonifikasikan seperti manusia, dan terakhir adalah sor-soran yaitu bagian yang terbawah dari bilah keris .adapun keris berkelok hanya memliki anantomi pucukan,luk dan sor-soran.

Sor-soran keris dilengkapi dengan bagian ganja, dan kadang ada yang berganja iras ( untuk menayatu denan bilah ). Di bagian bawah sor-soran terdapat pesi, tepat di tengah tengah titik imbangbilah. Pesi tersbeut berfungsi sebagai penyatu antara bilah dengan hulu ( jejeran). Bagian sor-soran adalah tempat sebagian besar ricikan keris berada. Ada juga ricikan yang tidak berada di sor-soran , misalnya kruwingan. Ricikan jenis ini berada di atas sor-soran, terkadang memanjang hingga puncakbilah.

Seperti telah disinggung di atas, dasar pembentuk nama dhapur keris adalah ricikan . Ricikan keris adalah detail-detail bagian keris yang berada pada anantomi tubuh bilah keris . Secara umum, penempatan ricikan keris berada di bagian sor-soran . Hal itu ditengarai untuk tetap menajaga fungsi bilah keris yang dipakai sebagai senjata tusuk, sehingga peletakan ricikan berada di bagian bawah dengan maksud tidak menggangu fungsinya sebagai senjata saat dipakai untuk menusuk . Penjelasan tentang pakem ricikan keris Jawa dapat dijumpai pada manuskrip lama. Di anatara adalah serat Centhini, yang banyak di acu oleh tulisan- tuliasan lama tentang keris yang muncul sesudahnya. Berikut ini adalah gambar yang yang disarikan dari serat Centhini yang meenjelaskan detail-detail ricikan keris.

Penempatan ricikan –ricikan tertentu dalam bilah dan langgam pembentukan bilah keris dibekukan menjadi ragam jenis dhapur. Dhapur adlah penamaan dan bilah keris, menurut komposisi jensi bentuk dan ricikan tertentu yang dimilikinya. Pengetahuan tentang sejaah dhapur tentang sejarah dhapur yang beredar di masyarakat, lebih berupa sekumpulan cerita yang bersifat dongeng. \kendati berbau mitos, nama-nama dhapur yang diceritakan memang sungguh sungguh ada dan menjadi baku dalam pengetahuan perkerisan.

Buku” gambar dhoewoeng” ubahan F.I Winter mencatat 158 macam dhapur yang terdiri dari 54 keris lurus dan 104 keris luk. Masih menurut buku tersebut, keris di wilayah Surakarta hanya memakai 54 macam dhapur keris yang kemudian dibakukan di daerah itu. Menurut Raffles yang lebih meneliti wilayah Yogyakarta, dan hasil penelitiannya yang dituangkan dalam bukunya The History of Java, ia hanya mendapat 52 jenis dhapur keris. Sebenarnya banyak sekali ditemukan macam dhapur pada jenis bentuk keris lueus, yang jika dikumpulkan dapat menajdi 380 macam dhapur. Namun ada beberapa nama dhapur keris lurus yang tertulis di dalam pakem budaya keris, terutama yang di kalangan masayaakat jawa. Sebagaimana yang tercantum di dalam serat centhini Ngabei Ranggasutrasna, Cenhini, Tambangragas-Amonggraga, Jilid III, 9 Pupuh 236;bait 1-36).

Macam-macam KERIS KUNO yang ada di gallery kami.

Bagikan informasi tentang Ragam Bentuk Dapur Keris Jawa kepada teman atau kerabat Anda.

Ragam Bentuk Dapur Keris Jawa | Brahma Pusaka

Komentar dinonaktifkan: Ragam Bentuk Dapur Keris Jawa

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 275.000
Ready Stock / BP-325
STOK HABIS
Rp 1.165.000
Habis / BP-226
SIDEBAR